Sabtu, 29 September 2012

Launching ISL di Palembang

Share on :

Kickoff 5 Januari 2012


PALEMBANG -- Sriwijaya FC bakal dapat kehormatan. Sebagai penyandang gelar juara Indonesia Super League (ISL) musim lalu Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC) ditunjuk sebagai tempat pembukaan kompetisi musim depan. Hal tersbut dinyatakan CEO PT Liga Indonesia (PT LI) Joko Driyono selaku pengelola ISL saat jumpa pers di Parklene Hotel, Jakarta semalam (28/9).

"Laga pembukaan ISL di Palembang sebagai penghormatan bagi juara ISL musim lalu. Kickoff akan dilaksanakan 5 Januari 2013 tapi sebelum itu ada kegiatan sebagai pembuka. Seperti Inter Island Cup (IIC) dan Community Shield (CS)," ujar Joko (sapaan akrabnya).

Meski sudah dihadapkan dengan beberapa turnamen yang siap digelar sebagai ajang pemanasan sebelum kompetisi dimulai pada Januari mendatang, Sriwijaya FC belum memiliki pemain yang kemampuan yang sesuai dengan predikat juara yang dimiliki saat ini.

Tercatat sudah ada empat jadwal turnamen yang akan diikuti, seperti Inter Island Cup, Community Shield, di bulan Desember, Celebes Cup, dan satu lagi turnamen yang akan melibatkan empat tim dari dua negara yaitu Selangor FC dan ATM Army (Malaysia) serta Persisam Samarinda dan Sriwijaya FC (Indonesia) pada bulan Oktober mendatang.

"Sejauh ini kami baru menyiapkan fisik pemain yang sudah ada dan baru bergabung dengan tim. Karena kami memang belum menyiapkan untuk menghadapi beberapa turnamen tersebut. Kalau memang akan ikut dalam turnamen tersebut, saya pikir kita tidak akan mematok target karena kita (skuad) belum apa-apa," ujarnya.

Belum bergabungnya pemain asing yang diplot untuk mengisi jatah tiga pemain asing Internasional dan dua pemain asing Asia menjadi salah satu faktornya. Bisa jadi, hal inilah membuat pelatih asal Solo tersebut sedikit ragu soal target tim di laga pra musim, apalagi untuk bertarung di Liga Champion Asia (LCA) yang saat ini masih dalam bahasan Joint Committee mengenai siapa yang berhak mewakili Indonesia di ajang tersebut.

Padahal, Kas merasa, di ajang tersebutlah dirinya dapat melihat kemampuan anak asuhnya, termasuk pemain seleksi dan pemain yang baru bergabung. Beradu dengan tim yang berkualitas apalagi bertemu dengan tim dengan tim dari negara lain, menurut pelatih asal Solo tersebut haruslah dengan seluruh kemapuan yang ada mengingat Sriwijaya FC merupakan tim juara.

"Yang kami harapkan saat ini adalah pemain asing dapat dengan segera bergabung. Karena dengan begitu kita akan memiliki kekuatan untuk menghadapi tim-tim yang ada di kompetisi lokal maupun tim dari Negara lain. Kita juga dapat menambah jam terbang para pemain dan mematangkan persiapan sebelum kompetisi dimulai dengan turnamen tersebut," ungkkapnya.

Khusus untuk LCA, manajemen PT Sriwijaya Optimis Mandiri (PT SOM) melalui Direktur Teknik dan SDM, Hendri Zainuddin mengatakan memang masih akan menunggu pembahasan yang dilakukan oleh komite pemersatu dualism kepengurusan induk organisasi sepak bola di Indonesia tersebut. Menurutnya hasil di akhir tahun nanti akan menjadi titik terang bagi tim yang berhak bertarung di LCA.

"Siapa yang berhak untuk wakili Indonesia di LCA masih harus menunggu kuota yang ada berdasarkan hasil rapat yang akan digelar nanti (Desember). Sehingga sejauh ini belum ada kesepakatan atau pun keputusan resmi mengenai hal tersebut," pungkasnya. (kmd/cj1/ce3)

Sumatera Ekspres, Sabtu, 29 September 2012

1 komentar: