Senin, 15 Oktober 2012

Manajemen Desak Sponsor

Share on :



Tiga Turnamen Menanti



PALEMBANG -- Manajemen Sriwijaya FC "kalang kabut" bereskan polemik keuangan. Meski pendanaan dalam kondisi tidak menentu, namun PT Sriwijaya Optimis Mandiri (PT SOM) selaku pengelola Sriwijaya FC tetap berusaha memaksimal diri memenuhi kewajiban mereka bayar gaji pemain.

Sebagaimana diutarakan Direktur Keuangan PT SOM Augie Bunyamin gaji pemain bulan pertama (Oktober 2012) sudah dikucurkan. "Alhamdulillah, kita sudah selesaikan gaji bulan pertama semua pemain," ujar dia kepada Sumatera Ekspres kemarin (14/10).

Dana yang dikeluarkan manajeman Laskar Wong Kito bukan berasal dari kas perusahaan melainkan dana talangan. "Sifatnya dana pinjaman. Jadi nanti setelah setelah dana sponsor cair, maka akan kami kembalikan," tambah bos Hotel Swarna Dwipa Palembang ini.

Karena itu, ia mendesak pada para sponsor utama tim kebanggaan masyarakat Sumsel ini untuk segera merealisasikan janjinya. Sebagian besar donatur diperkirakan akan mengucurkan dana di akhir bulan ini (Oktober, red).

Rencananya sih sponsor akan mencairkan dananya mulai akhir Oktober nanti. Harapan kami bisa segera terealisasikan. Karena kami sudah tidak memiliki stok untuk gaji bulan depan. Terlebih dana sponsor itu nanti rencananya akan kami bayarkan untuk utang dua bulan sisa musim lalu," lanjut Wakil Direktur Wisma Atlet ini.

Sponsor Sriwijaya musim depan bertambah seiring kehadiran Evalube. Evalube akan menjadi donatur untuk musim depan, dengan nilai kontrak diperkirakan mencapai Rp 1,75 miliar.

Selain itu ada donatur setia Laskar Wong Kito masing-masing Bank SumselBabel, PTBA serta Yamaha Tamrin Brother. "Sponsor utamanya ada empat namun akan ada sponsor lainnya," terang dia.

Tapi sayang dia enggan membeberkan satu persatu sumbangan perusahaan besar di Bumi Sriwijaya ini kecuali Evalube. "Besar dana belum bisa dipastikan. Nanti setelah kita lakukan kontrak kerjasama baru akan kami beri informasi," tukas dia.

Setelah keraangka terbentuk Sriwijaya FC mulai fokus pada pematangan. Kinia skuad Kas Hartadi dihadapkan pada tiga turnamen pramusim sekaligus. Masing-masing Celebes Championship 2012, Bola Master Tropi 2012 serta Inter Island Cup (IIC). Ketiga kejuaraan tersebut dilaksanakan 3 November-16 Desember mendatang.

"Jadwal kita sebelum hadapi kompetisi resmi 5 Januari nanti cukup padat. Namun secara umum kami sudah siap mengikuti semua kejuaraann pramusim ini," ujar pelatih kepala Sriwijaya FC Kas Hartadi kepada wartawan kemarin (14/10).

Evnt pertama bakal dihadapi Ferry Rotinsulu dkk adalah Celebes Championship. Kejuaraan ini juga akan diikuti Persib Bandung, Barito Putera serta Makasar United itu akan dilaksanakan di Bandung 3-4 November nanti. "Kejuaraan ini (Celebes Championship) akan kami jadikan sebagai ajang seleksi melengkapi kuota pemain asing tersisa (dua lagi)," lanjut pria asal Solo, Jawa Tengah ini.

Kemudian Bola Master Trophy 2012 dilaksanakan 29 November sampai 16 Desember 2012. Kegiatan tersebut akan cukup melelahkan karena menggunakan sistem pertandingan home and away. "Kemungkinan akan diikuti empat klub Sriwijaya, Semen Padang, Persebaya 1927 dan Arema-Pelita," lanjut dia.

Dalam ajang tersebut mantan penggawa timnas era 90-an ini lebih mematangkan strategi. "Kami berharap sebelum Bola Master Trophy semua pemain sudah bisa bergabung.. Jadi tinggal setel komposisi saja," harap dia.

Turnamen pramusim terakhir yang diikuti tim Bumi Sriwijaya adalah Inter Island Cup (IIC) 2-8 Desember mendatang. "Diajang IIC Sriwijaya bakal jadi tuan rumah. Nah, pada turnamen ini kami akan berusaha untuk lebih mengoptimalkan permainan," tutur dia.

Bagaimana dengan piala segi empat yang rencananya bakal digelar di Jakabaring, 20-27 Oktober nanti? Menurut sekretaris Umum PT Sriwijaya Optimis Mandiri (PT SOM) Faisal Mursyid kejuaraan yang rencana semula diikuti Sriwijaya, Persisam, Selangor FA (Malaysia) serta TDM FC (Malaysia) itu bisa dipastikan batal. "Karena melibatkan peserta dari luar negeri, maka urusannya agak ribet. Makanya batal," timpal dia. (ion/ce3)

Sumatera Ekspres, Senin, 15 Oktober 2012

0 komentar:

Posting Komentar